Monday, July 31, 2017

Dialog Interaktif Sekaligus Praktik Pembuatan Pupuk Kompos

Radio Permata 99fm desa Aeng Panas juga memberikan akses pada masyarakat untuk memperoleh informasi seputar pembuatan pupuk kompos yang sedang berlangsung di balai desa. Hal ini sebagai bentuk kepedulian aparat desa kepada masarakat yang berhalangan hadir di balai desa Aeng Panas.
Dialog interaktif ini berlangsung hangat sejak permulaan acara dilaksanakan. Antusiasme Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN), sekretaris desa, pemuda, dan masyarakat yang mayoritas mata pencahariannya sebagai petani banyak mempertanyakan persoalan pupuk kompos.

Pelatihan pembuatan pupuk kompos tersebut dirasaa sangat bermanfaat untuk masyarakat. Sebab, tanah persawahan di desa Aeng Panas memiliki tekstur yang keras. Menurut pemateri, selain karena ciri khas tanah di Madura memang kering dan keras, ada alasan lain yaitu unsur hara di dalam tanah berkurang disebabkan penggunaan pupuk pestisida atau pupuk kimia yang berlebihan.

Praktik pembuatan pupuk juga dilakukan untuk memberi penjelasan nyata dalam pembuatan. Selain itu, kelompok KKN dari Universitas Trunojoyo Madura juga sudah membuat produk jadi dari pupuk kompos tersebut dengan branded “Pupuk Kompos AP 8”.

Harapan ke depannya, masyarakat dapat melanjutkan praktik pembuatan pupuk kompos tersebut sehingga dapat meminimalisir biaya dengan sampah organic yang ada di sekitar.

0 comments:

Post a Comment