Sunday, August 6, 2017

MENGENAL DUSUN PESISIR

Dusun Pesisir adalah Dusun yang letaknya berada di wilayah paling barat Desa Aengpanas. Dusun Pesisir ini dihuni oleh penduduk yang berjumlah lebih kurang 200 jiwa. Selain itu, Dusun tersebut dipimpin oleh seorang apel yang bernama Bapak Raji’i. Pekerjaan sehari-hari dari Bapak Raji’i sendiri adalah seorang pengusaha meubel, dengan jumlah karyawan yang berjumlah 3 orang. Tidak hanya itu, berkaitan dengan tanggung jawab yang harus diemban Bapak Raji’i sebagai seorang apel (Kepala Dusun) dirasa begitu besar.
Sektor pendidikan menjadi salah satu faktor yang paling penting disamping faktor ekonomi dan budaya, sebab dalam perkembangan suatu wilayah jika tidak diimbangi dengan perkembangan pendidikan yang baik, maka akan berdampak buruk pula terhadap wilayah tersebut serta menghambat proses pengembangannya sendiri khususnya. Selain itu, di Dusun Pesisir ini, untuk mayoritas masyarakatnya bisa dikatakan berekonomi menengah ke atas, sehingga dalam hal pendidikan mereka sangat mengutamakannya. Hal tersebut bisa dilihat juga dari banyaknya kalangan muda Dusun Pesisir ini yang menempuh jenjang pendidikan tidak hanya sampai bangku MTs dan MA saja bahkan juga sampai selesai menempuh gelar sebagai seorang sarjana. Tidak hanya itu, meskipun di Dusun Pesisir ini pendidikan sangat diutamakan oleh masyarakat akan tetapi mereka juga tidak lupa memberikan bekal ilmu agama bagi anak-anak mereka dengan menyekolahkannya di lembaga-lembaga islam seperti pondok pesantren yang sudah agak modern.
Keadaan ekonomi masyarakat Dusun Pesisir bisa diketahui dengan melihat kondisi geografisnya, yang hampir di sepanjang jalan menuju Dusun ini kita diperlihatkan hamparan laut yang luas nan indah serta memiliki hasil laut yang melimpah.
Berkaitan dengan mata pencaharian masyarakat Dusun Pesisir amayoritas adalah nelayan, namun ada pula yang sebagian memilih untuk menjadi pengrajin meubel dan memiliki home industri sendiri meskipun dalam bentuk yang relatif kecil serta terbatas. Kemudian yang menjadi salah satu problem di Dusun Pesisir sendiri adalah kurangnya pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) secara optimal sehingga masyarakatnya terkesan malas untuk melakukan pengembangan maupun pembangunan di daerahnya. Di samping itu, dengan berkaca pada penuturan Kepala Dusun Pesisir Bapak Raji’i yang menyampaikan bahwa, “salah satu potensi alam yang dimiliki oleh Dusun Pesisir ini adalah rajungan, namun masyarakat sendiri belum begitu bisa mengembangkannya menjadi suatu produk turunan dan hanya sebatas ditangkap kemudian dijual ke pasar ”.

0 comments:

Post a Comment