Program KKN

PEMBUKAAN

Pembukaan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 di balai desa dengan dihadiri sebagaian besar perangkat desa Aeng Panas dan sebagian penduduk desa.


SIARAN RADIO

KKN 84 sempat diundang di radio milik desa yaitu Radio Suara Permata untuk menyebarkan informasi kemasyarakat akan beberapa Program Kerja kelompok KKN 84 di desa Aeng Panas. tentu hal ini juga tak lepas dari bentuk pengenalan KKN 84 kepada warga sekitar.


PEMBUATAN DODOL SIWALAN(Inovation from of Siwalan)

program utama pada KKN Tematik kelompok 84 yaitu Inovation from of Siwalan yaitu Dollan (Dodol La’ang). Pelaksanaan kegiatan kali pertama pembuatan Dollan (Dodol La’ang) dilakukan pada hari Senin tanggal 18 Juli 2016 pukul 14.00 WIB di rumah ibu Maryama warga dusun Galis desa Aeng Panas. Kedua melaksanakan pengemasan Dollan pada hari selasa tanggal 19 Juli 2016 pukul 16.00 WIB di pondok At-Thohiriyah sekaligus sebagai temapat tinggal anggota KKN. Ketiga melaksanakan pembuatan Dollan pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2016 pukul 09.00 WIB di rumah ibu Mayama warga dusun Galis desa Aeng Panas. Keempat melaksanakan pengemasan Dollan pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2016 pukul 16.00 WIB di pondok At-Thohiriyah. Kelima melaksanakan pembuatan Dollan pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2016 pukul 13.00 WIB di pondok At-Thohiriyah. Kelima melaksanakan pengemasan Dollan pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2016 di Balai Desa Aeng Panas. Keenam melaksanakan pembuatan Dollan pada hari Senin tanggal 01 Agustus 2016 pukul 09.00 WIB di rumah ibu Hosnainiah dusun Galis.
Manfaat yang diperoleh yaitu meningkatkan perekonomian warga Aeng Panas dengan cara memanfaatkan air la’ang sebagai bahan utama pembuatan dodol serta memanfaatan lidi siwalan sebagai piring. Pengisi acara yaitu Baiti Raudatul Jannah, Maryama, Dewi Setyarini, Dyah Ayu W dan Vera Y Sihombing. Hasil dan dampak yang ditimbulkan yaitu masyarakat dapat berinovasi dari segi rasa dan bentuk dalam pembuatan dodol la’ang (Dollan) serta membuat lidi siwalan yang biasanya hanya dibuat sapu dapat dijadikan piring dari lidi siwalan. Hambatan/kendala yang dialami yaitu air la’ang pada musim hujan kurang manis sehingga mengurangi cita rasa dodol la’ang dan keurangan tenaga pengaduk dalam pembuatan dodol karena yang mengikuti program pembuatan ini ibu-ibu rumah tangga. Penyelesaian atas hambatan/kendala yang dialami yaitu air la’ang yang kurang manis ditambah dengan gula pasir dan meminta bantuan kepada siswa MA untuk mengaduk dodol. Ketercapain terhadap target yang direncanakan sudah tercapai yaitu dodol sudah di inovasi dengan diberikan isian rasa cokelat dan rasa kacang serta bentuknya bermacam-macam seperti bintang, bunga dan tabung dan dodol sudah laku dijual dengan harga yang mahal dan target piring lidi siwalan sudah tercapai yaitu menginovasi lidi siwalan sebagai piring.

BIMBINGAN KOMPUTER

Bimbingan komputer yang telah dilaksanakan lima kali latihan bimbingan. Bimbingan komputer pertama pada hari Kamis tanggal 21 Juli 2016 pukul 15.30 WIB - 17.00 WIB di LAB komputer MA At-Thohiriyah dengan materi pengenalan komputer dan office (word, excel dan PPT). Bimbingan komputer kedua pada hari Minggu tanggal 24 Juli 2016 pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB di LAB komputer MA At-thohiriyah dengan materi power point dan fotografi. Bimbingan komputer ketiga pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2016 pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB di LAB komputer MA At-thohiriyah dengan materi photoshop (editing foto dan brosur). Bimbingan komputer keempat pada hari Minggu tanggal 31 Juli 2016 pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB di LAB komputer MA At-thohiriyah dengan materi pemrograman web, profil, dan e-commerce. Bimbingan komputer kelima pada hari Selasa tanggal 02 Agustus 2016 pukul 15.30 WIB – 17.00 WIB di LAB komputer MA At-thohiriyah dengan materi pengolahan sistem perpustakaan. Manfaat yang diperoleh diantaranya memberikan pelatihan dan bimbingan intensif kepada seluruh siswa-siswi MTs dan MA di desa Aeng Panas dan memberikan pelaihan managerial perpustakaan pada seluruh lembaga pendidikan di desa Aeng Panas. Pemateri bimbingan komputer yaitu Rubianto Efendi, M Alfian P dan Ach Faisol R. Hasil dan dampak yang ditimbulkan diantaranya (1) memberikan keterampilan membuat majalah/bulletin, (2) memberikan keterampilan fotografi dan editing foto, (3) memberikan keterampilan membuat banner, (4) memberikan keterampilan blog, (5) memberikan keterampilan manejemen pemasukan dan pengeluaran menggunakan exel sederhana dan (5) memberikan keterampilan mengelola perpustakan. Hambatan/kendala yang dialami diantaranya (1) peserta yang terlalu sedikit, (2) kekurangan mouse sejumlah 2 buah dan satu komputer di LAB sudah rusak. Penyelesaian hambatan/kendala yang dialami diantaranya (1) mendatangi setiap lembaga pendidikan yang sudah diundang setiap akan diadakan bimbingan, (2) menyubangkan mouse berjumlah 2 buah dan meminjami laptop sebagai pengganti komputer yang rusak. Ketercapaian terhadap target yang sudah direncanakan sudah tercapai yaitu setiap kegiatan bimbingan komputer dihadiri peserta dan semua materi yang direncanakan sudah diajarkan.

PEMASANGAN PLANG DESA
pemasangan plang  dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2016 sampai 03 Agustus 2016. Manfaat pembuatan dan pemasangan plang yaitu memudahkan pengunjung yang datang ke desa Aeng Panas dan memperjelas batas-batas antara satu dusun dengan dusun lainya serta batas desa Aeng Panas dengan desa lainya. Pengisi acara pembuatan dan pemasangan plang yaitu Haris Pramono, Permata Indah Tri Rejeki, Dwi Prasiska Tyas, M Alfian P, Ach. Faisol R dan Rubianto Efendi. Hasil dan damapk yang ditimbulkan plang sebagai penunjuk arah, membantu mempercepat sensus penduduk dan memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat desa Aeng Panas. Hambatan/kendala yang dialami diantaranya (1) kurangnya kayu untuk penulisan plang, (2) keterbatasan dana, (3) kesalahan dalam penulisan nama jalan di plang dan (4) kesalahan letak pemasangan plang. Penyelesaian hambatan/kendala yang telah dialami (1) membeli kayu, (2) meminta bantuan kepada bapak Toyib pemilik mebel, (3) menanyakan kembali kepada sekretaris desa untuk menuliskan nama jalan desa yang benar dan (4) menanyakan arah pemasangan yang benar kepada kepala dusun. Program kerja pembuatan dan pemasangan plang sudah tercapai yaitu membuat dan memasang plang sebanyak 16 buah, terdiri dari (1) Kepala Desa Aeng Panas, (2) Dusun Galis, (3) Dusun Nong Malang, (4) Dusun Pesisir, (5) Dusun Cecek, (6) Jalan Batu Ampar Keramat, (7) Jalan Keramat, (8) Jalan Ketapang (Pesisir), (9) Jalan Dusun Nong Malang, (10) Ke Jalan Berek Sabe (Prenduan), (11) Jalan Lengkong, (12) Ke Jalan Galis (Karduluk), (13) Ke Jalan Rongcangka, (14) Ke Jalan Cecek Atas (Brumbung), (15) Jalan Brumbung dan (16) Jalan Desa Aeng Panas.

LOMBA SEMARAK KEMERDEKAAN


 Program kerja keenam yaitu lomba semarak kemerdekaan terdiri dari lomba tusuk air, tartil Quran dan adzan. Lomba tusuk air dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 31 Juli 2016 pukul 15.00 WIB di lapangan pondok At-Thohoriyah. Lomba tartil Quran dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 05 Agustus 2016 pukul 19.00 WIB di lapangan pondok At-Thohiriyah. Lomba Adzan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 06 Agustus 2016 di pondok At-Thohriyah pukul 19.00 WIB. Manfaat yang diperoleh dari lomba semarak kemerdekaan diantaranya (1) mempererat tali silahturahmi, (2) menjaga kekompakan antar sesama, (3) menjadikan pribadi yang jujur, disiplin dan tanggung jawab, (4) mengembangkan potensi diri dan (5) mengasah kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil dan damapk yang ditimbulkan diantaranya (1) pribadi yang mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar, (2) melatih keindahan suara dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan (3) pribadi yang aktif dan tanggap. Pengisi acara lomba searak kemerdekaan yaitu M. Athau Robbi, Ernawati, Herlina Agustin dan Winda Berlyana P. Hambatan/kendala yang dihadapi diantaranya (1) beberapa lembaga yang masih kurang berpartisipasi dalam perlombaan, (2) jumlah peserta yang masih belum terdaftar dengan baik di formulir pendaftaran karena kurangnya komunikasi antara Kepala Sekolah kepada siswanya dan (3) Jauhnya jangkauan tempat peralatan yang diperlukaan saat lomba, sehingga jika ada hal-hal yang bersifat mendadak membuat amburadul atau tindak kondusif. Penyelesaian atas hambatan/kendala yang telah dilaksanakan diantaranya (1) kurangnya partisipasi dari beberapa lembaga pendidikan maka solusi membuka pendaftaran baru bagi peserta yang ingin berpartisipasi, (2) menerima berapapun siswa/peserta yang diwakilkan dari berbagai lembaga pendidikan dan (3) menggunakan beberapa peralatan seadanya yang bisa dijangkau saat lomba dilaksanakan. Ketercapaian atas target yang telah direncanakan semua tercapai menentukan juara I, II dan III. Target dari lomba tusuk air yang sudah tercapai yaitu cepat menusuk air. Target lomba tartil Quran yang sudah tercapai diantaranya makhorijul hurufnya tepat, tajwidnya memenuhi syarat dan kelancaran dalam membaca Al-Quran. Target yang sudah tercapai pada lomba adzan diantaranya keindahan suara, pelafalan yang tepat dan makhorijul hurufnya dibaca dengan baik.

PENUTUPAN
Malam penutupan atau malam inagurasi dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2016 di lapangan Yayasan At-thohiryah. Penutupan yang bermaksud untuk pisah kenang kepada warga ini berjalan lancar dengan dihadiri perangkat desa, petinggi lembaga pendidikan dan masyarakat desa Aeng Panas. 
Acara ini juga dimeriakan oleh beberapa pemuda pemuda desa dengan menampilkan drama, fashion show dan dance sehingga acara berjalan lebih meriah dan ramai. Ditengah-tangah acara KKN 84 juga membagikan hadiah kepada juara lomba-lomba.

0 comments:

Post a Comment